Another graduation

Lagi, seorang trainee BDP, dinyatakan tidak lulus dari ujian akhirnya setelah menempuh pendidikan selama 1 tahun. A friend of mine. Seseorang yang pertama kali gw kenal pas gw OJT jadi Duty Officer di Sunter dulu. Waktu itu dia masih sebagai teller bakti. Ngga lama kemudian, gw ketemu dia di perkenalan adek angkatan BDP. Ternyata dia diterima di BDP jurusan Operasional, sama seperti gw. Meskipun beda 3 angkatan, tapi gw kenal beberapa orang dari tiap2 angkatan di bawah dan atas gw. Dia adalah salah satu yang gw kenal dari BDP9.

Beberapa minggu sebelum ujian akhir, dia udah rajin nanyain kira2 pertanyaan apa aja yang bakal keluar. Trus dia sempet agak2 parno pas tau kemungkinan pengujinya adalah salah satu penguji ‘killer’, yang sempat tidak meluluskan beberapa orang lainnya, salah satunya adalah my dear friend Anet. Tapi gw berusaha meyakinkan dia, bahwa dengan pengalamannya sebagai teller bakti, setidaknya dia tahu apa yang dilakukan oleh teller dan bagaimana kontrolnya ketika dia bertindak sebagai KaBag.

Ketika beberapa hari lalu gw denger kabar bahwa dia HER, gw sedikit kaget, tapi setelah ngeliat status BBM-nya, gw memaklumi kenapa dia bisa HER. Kadang, kalo sudah terlalu nervous bin tegang, pertanyaan sederhana pun akan terasa belibet dan sulit untuk dijawab. So, gw coba ingatkan dia untuk tetep tenang, dan mereview lagi pertanyaan2 apa aja yang missed dan coba cari tau jawabannya.

Dan hari ini adalah final daynya. Gw ga sempet ngasih final support ke dia due to business in office, tapi gw selalu doakan dalam hati untuk keberhasilan temen2 semua dalam ujian akhir itu. Ketika gw ngecek Recent Updates sekitar pk20.00, yang gw baca adalah status updates dari 3 temen sesama angkatan BDP9 lainnya. Auranya ngga enak. Makanya gw langsung tanya ke salah satunya, gimana keadaan teman mereka yang HER itu? Dan ternyata benar. Dia tidak lulus.

Sigh. Gw jadi inget lagi betapa down-nya perasaan gw waktu gw berada di posisi dia. Memang, gw ga tulis di blog ini saat hari itu tiba. Well, sebenernya sih, gw udah berusaha merelakan apapun yang akan terjadi pada malam hari ulang tahun gw itu. Gw udah merapal mantera dalam diri gw, bahwa APAPUN hasilnya, itu PASTI kado terindah dari Tuhan untuk gw. Tetep sih, pas gw mendengar jawaban “tidak” dari para penguji, adegan2 sinetron petir menyambar2 itu seakan2 muncul dalam imajinasi gw. Hahahahaha…lebay memang. Ketika keluar dari ruangan pun gw masih berusaha tersenyum. Baru pas temen2 nanya kronologisnya gimana, membanjirlah air mata yang gw tahan dari ruangan ujian itu.

Ga mungkin ga sedih. Perasaan kecewa, tersia-siakan, seakan2 jadi loser, putus asa, semua campur aduk. Bedanya, ada orang2 yang sanggup menahan dalam hati dan tetap terlihat tegar dari luar. But not for me. Hehehehe… Sampe separuh perjalanan gw dari Jakarta ke Bandung aja gw masih termehek2 saat baca BBM & SMS dari teman2 lain. Untungnya, gw menghabiskan semua tangis itu di Jakarta. Jadi, pada saat gw sampe di Bandung dan ketemu mama, gw ngga terlihat begitu sedih (meskipun dalam hati masih kacau).

Masa-masa transisi dari trainee jadi jobless pun ga semudah dari mahasiswa jadi jobless. Proses apply posisi, psikotes, interview, psikotes lagi, interview lagi, pulang pergi Bandung-Jakarta-Bandung, lumayan menguras Dana Darurat yang udah gw kumpulin selama setahun. Satu bulan, dua bulan, masih belum ada perusahaan yang berani meminang gw. Sampe akhirnya pada bulan ketiga, perusahaan yang (awalnya) ngga begitu gw pantau perkembangan seleksinya, mulai mengabari gw dengan konsisten untuk ikut tes2nya. Benih2 harapan pun muncul
(sedaaapppp…). Gw sampe nekat menolak beberapa perusahaan lain yang udah nawarin posisi & angka tertentu, demi menanti hasil akhir dari perusahaan ini. Dan cintaku pun bertepuk tangan. Garuda Indonesia mempercayai gw untuk menjadi pegawainya.

Ketika gw menerima kabar bahagia itu, semua perasaan capek, kecewa, putus asa, rendah diri, yang gw alami dari mulai keluar dari ruang ujian, sampe di rumah Monny saat itu, menguap bersamaan dengan teriakan bahagia gw membaca nama gw di daftar peserta yang diundang untuk briefing kontrak. Bahkan sampai saat ini pun, gw masih takjub dimana gw berada sekarang. Tiap kali gw melihat pesawat yang sedang menuju landasan pacu hendak mendarat dari jalanan M1, perasaan haru & sangat bersyukur itu muncul kembali. Gemuruh suara pesawat di atas kepala gw udah jadi soundtrack tetap disini.

Ya, semuanya worth it.

Ini adalah bukti kedua, bahwa ke(tidak)lulusan BDP itu tidak selalu berarti buruk. Apa yang gw pelajari dari kejadian gw adalah pendidikan yang gw terima selama 1 tahun di BDP, mungkin memang bukan untuk gw terapkan di dunia perbankan. Mungkin bukan sisi teknisnya, tapi pendidikan soft-skill yang dicekoki kepada kami, itulah yang gw rasa sangat berguna untuk kehidupan gw disini saat ini.

Bukti pertama? Ya, siapa lagi kalo bukan pengalaman my dear friend Anet yang mendahului gw meninggalkan BDP pada saat ujian fase 2. Anet mendapatkan penggantinya (yang menurut banyak orang lebih baik dari sebelumnya) sebagai kado Natal tahun 2010, beberapa hari setelah dia menghabiskan liburan di rumah gw di Bandung.

That’s why, gw dan Anet berkesimpulan, bahwa God is good, every time, dan everything happens for a reason, best reason. Gw sangat percaya dan meyakini, bahwa saat Tuhan menutup 1 pintu, pada saat itu juga dia membuka jendela-jendela yang lain.

Jadi, this is for you, Andhika, be tough and keep the faith! This is not the end. It’s just the beginning of your new chapter of career. Godspeed!

11 responses to “Another graduation

  1. Andhika

    makasih ya chika. nice post,🙂

  2. Lia Kurniawaty

    hello chika…salam kenal aku lia..first i wanna say your blog is so inspiring me🙂, really…
    aku adalah kandidat CCA GA juga cika, dari pertama denger posisi crew and cropa assigment bulan september kemarin, aku langsung googling dan nemu ur cool blog ;p…jadi pedoman aku tiap melewati setiap tahap rekrutmen CCA…makasi bgt yaa…btw garuda tu memang lama ya proses rekrutmennya, terakhir aku dapet kabar lulus ASKAM tgl 24 oktober 2011 tapi knp yaa kok sampai skrg aku blm dpt info lg utk briefing kontrak atau lainnya…aku selalu tlp nomer tlp rekrutmen garuda dan email tp ga ada respon…aku jd bingung bgt krn biasanya tiap tahap ga selama ini, jd agak hopeless.hehee….

    • chocochicka

      halo, Lia… duh, makasih ya atas masukannya..😀 mudah2an berguna sampe nanti ketemu disini ya…😀
      menurutku sih ya, selama ngga ada rejection email dari HRD, harapan itu selalu masih ada🙂 mesti rajin aja cek email, lalu telp rekrutmen-nya.. takutnya mereka salah ketik emailnya, sama seperti dulu yang pernah aq alami..
      terakhir, kalo rejeki, ga akan kemana2 koq selama terus berusaha🙂
      hope it helps ya…

      • Lia Kurniawaty

        Aduhh bisa ya salah ketik email gitu?aku selalu cek email tp memang blm ada kabar lg, 3 org tmn aku yg sama2 kandidat CCA jg blm dpt kabar sih tp anehnya posisi yg lain uda mulai kerja tgl 5 des besok :(…harus kemana lg ya aku nanya nya?tlp ga diangkat email ga di respon,mungkin ada info dr bagian CCA kak?apa ga jd di rekrut yah?huahuuhuhuuu,btw makasih ya kak cika semoga beneran bisa ketemu di garuda

      • chocochicka

        oh kalo dulu itu, aq kontak semua kandidat yang ada tertulis di e-mail, trus saling tanya2 aja apakah ada yang udah dapat kabar. waktu itu, aq kontak 1 orang yang namanya mirip namaku, trus nanya apakah dy udah dpt undangan utk tes berikutnya. ternyata pas dy udah dpt undangan, aq belum dapet. padahal namaku dgn namanya dktan. trus lsg deh aq telp bagian rekrutmen-nya, nanya status seleksiku.

        duh, kalo udah masuk unit sih, ga tau apa2 soal calon kandidat yang bakal masuk, karena yang ngurus semuanya bagian HRD. maaf ya ga bisa bantu…

  3. ika

    Hi..slm kenal..boleh mnt alamat email gak?ada yg mo dtanya stlh baca postingan ini..tengkiuu🙂

  4. Lia Kurniawaty

    oo gitu, ok deh kak cika, mungkin aku sabar aja kali ya menunggu kabar selanjutnya, thanks a lot kak cika🙂

Menurutmu gimana?

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

