Sudah Lambat Tak Selamat ~ @ProvocActive

http://www.metrotvnews.com/read/newsprograms/2011/10/07/10293/449/Sudah-Lambat-Tak-Selamat

Hehehe…katrok emang gw… Baru nongol seuprit juga,udah seneng setengah hidup.. :p Sebenernya gw tmasuk jarang nonton acara Provocative Proactive yang tayang di MetroTV ini. Mungkin kadang gw ngerasa topiknya terlalu ‘berat’ utk bisa gw cerna dalam otak gw. Politik, sepet-menyepet, dll, tapi tetep kritis.

Nah, kebetulan kemaren topiknya lumayan deket ama kehidupan gw, yaitu transportasi umum. Hehehhe… Sebagai pengguna transportasi umum yang baek, gw udah pernah nyobain hampir semua jenis angkutan darat. Metromini, Kopaja, Bus Mayasari, Bus PPD, angkot biasa, bajaj, ojek, kereta api, bus elf, damri, ampe yang paling nyaman: Busway. Tergantung kebutuhan yah makenya. Kalo jarak nanggung atau butuh cepet nyelip2 diantara macet, bisa pake ojek. Kalo jarak jauh tapi lagi santai en pengen nyaman, tentu milih busway.

Masing2 ada kelebihan,meskipun masih banyak kekurangannya juga. Metromini/kopaja contohnya. Mungkin karena kejar setoran & saingan ama sesama trayeknya, jadi gw sering banget ngalamin bus2 ini kejar2an kebut2an di jalanan. Hedeeuuhh…serasa berjudi nyawa deh… Begitu juga dengan busway. Meskipun udah punya jalurnya sendiri, tapi masih bisa kena macet, apalagi kalo jam2 krusial pulang/pergi kantor. Udah gitu,ga tau apakah armadanya terbatas atau penumpangnya yang banyak banget, sering ga kebagian tempat, berdiri pun udah ga dapet pegangan. Sekali2nya gw ngalamin namanya macet cet cet cet gara2 hujan gede di Jakarta, yg mengakibatkan banjir di sejumlah tempat, gw nunggu ampe 2jam lebih di halte busway, bersama puluhan orang lain. Udah basah, gelisah, emosi, dll semua nyampur deh.

Kalo utk urusan transportasi laut, gw juga pernah 1x nyobain naik kapal laut, dari Pontianak ke Jakarta, pake kapal express 36jam. Hummm, not bad sih kalo yg itu. Dapet kamar & ranjang yg bersih juga. Mungkin tergantung kelas kali ya. En gw kerjaannya tidur doank di kamar, ga ngider keluar, takut mabok. :p Nah, kalo transportasi udara alias pesawat, ehm, ga maksud nyombong sih, so far masih lebih nyaman maskapai penerbangan tempat gw kerja sekarang ini. Yah, ada harga ada rupa ya. Temen gw pernah nanya, Garuda Indonesia kenapa mahal banget? Katanya untuk rakyat Indonesia? Dimananya?  Well, I can’t argued with that. Memang, gw akui, tarifnya termasuk premium dibandingkan maskapai lain. Bahkan gw sendiri terakhir beli tiket Garuda dengan kocek sendiri itu juga pas lagi promo. Satu2nya pembelaan gw terhadap tingginya tarif itu adalah karena Garuda Indonesia itu full-service carrier, alias all-included (bagasi,makanan,dll). Sebenernya tarifnya pun ga semuanya mahal koq. Kan ada kelas2nya. Apalagi sekarang kan udah dipermudah booking via internet di http://www.garuda-indonesia.com. *Psssttt…harga di internet itu lebih murah ketimbang di travel agent lhoooo*

Eh, tapi gw juga pernah koq naik pesawat maskapai lain yang nyaman. Yaitu Mandala Airlines sewaktu mereka masih aktif tahun 2009. Pesawatnya nyaman, dapet makanan juga, lancar selama penerbangan dan pembelian tiketnya pun mudah. Booking & bayar via internet, tinggal print electronic statement-nya utk check-in. Mudah2an Mandala kembali bangkit deh, jadi masyarakat makin banyak pilihan untuk bertransportasi.

Last but not least. Gw setuju dengan pendapat salah satu tweeps tentang transportasi di Indonesia (gw lupa siapa dan apa persisnya tweetnya). Daripada nambah2in jalan tol baru, jalan layang baru, kenapa ngga mindset orang2nya aja yang diubah? Bagaimana caranya membuat mereka (para pengguna kendaraan pribadi) beralih ke angkutan umum. Itu cost-less meskipun lebih butuh mikir keras.

Let’s do something!

Menurutmu gimana?

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

