MedEx CCA @ Garuda Sentra Medika

Aaahhh….betapa bersyukurnya gw bisa sampai tahap ke-5 dari 7 seleksi di Garuda Indonesia ini… Hanya perusahaan ini yang ‘berani’ memproses gw sampai sejauh ini. Hihihihi…. Gw sampe bela2in tidur cepet, bangun jam 4 pagi, siap2, lalu brangkat jam 05.30 dari rumah menuju Senen –> Kemayoran, demi supaya ga terjebak macet dll yang tak terduga. Dan akhirnya jam 06.30 gw udah nyampe di Garuda Sentra Medika.

Garuda Sentra Medika, Kemayoran

Dateng2 masih sepi banget… Petugas kasir, apotik, resepsionis, radiologi, masih pada belum dateng bow. Hihihi…tapi gw udah melihat ‘penampakan’ beberapa pelamar yang pasti bakal MedEx juga bareng2 ma gw. Hohohoho… Yang pertama gw liat adalah ARIF, yang bareng2 ama gw & Melati waktu interview user dulu. Seneng deh bisa ada temen ngobrol sambil nunggu waktunya MedEx.

Ga lama, satpam nyuruh kami langsung aja ke lantai 3 tempat kami akan daftar MedEx. Naahh, langsung keliatan deh siapa aja yang mw MedEx pas di dalam lift. Hihihihi….disitu gw sambil nguping cowo2 di belakang gw pada ngomongin apaan, coz gw denger2 gini: “Eh iya kemaren kan ada di email tuh, bla bla bla…”. Hahahaha dalam hati gw ketawa aja coz gw ngerti apa yang mereka bicarain.

Iyaaaaa….jadi beberapa hari kemaren sebelum pengumuman MedEx keluar, kami para (calon-)pegawai CCA (amiiiinnn!) sempet ngebahas melalui e-mail yang di-Send-to-All oleh pihak rekrutmen GA. TS-nya sih seseorang bernama Nety. (Hihihihi…) Satu per satu mulai pada nge-reply dan kenalan-virtual lewat email tersebut, termasuk gw. Nah, kebetulan kemaren itu gw juga aktif di forum rekrutmen GA 2011 di Kaskus. Jadi ada beberapa info yang gw saling lengkapi antara email-blog-kaskus-twitter. Gw ngasih tau ke kandidat CCA by email bahwa tim rekrutmen GA punya account twitter official, yaitu @recruitmentGA. Trus gw juga yang ngupload ke Kaskus dan Blog gw tentang nama2 kandidat CCA yang lolos ke tahap MedEx.

Trus tiba2 gw mendengar nama gw disebut ama seorang cowok di belakang gw: “iya tuh yang namanya Maria Francisca..” dan gw langsung nyamber: “itu aku….” en nengok ke belakang. Hihihihi… Tersangka yang mention nama gw itu bernama Mendy *atau Mandy?*. Sejak itu nama gw jadi sering disebut2 ama si Mendy ini pas lagi ngobrol ama anak2 lain *GR banget sih gw!*. Iyeeee maksudnya pasti merefer gw kalo ngomongin Kaskus & email. Hehehehe….

Back to topic. Setelah daftar MedEx, kami dapet kartu kendali seperti di bawah ini:

Kartu Kendali MedEx

Pemeriksaannya ga sebanyak yang gw pikirkan. Hanya pemeriksaan lab (darah + urine), rontgen, jantung (ECG) dan fisik. Yang baru bagi gw adalah pas pemeriksaan jantung. Gw pikir diceknya dengan lari di atas treadmill gitu. Tapi pas gw liat, GSM (Garuda Sentra Medika) punya ruangan sendiri untuk Treadmill. Sedangkan nomor ruangan yang dirujuk untuk pemeriksaan jantung itu beda lagi. Wah, kayak apa nih ya diperiksanya?

Gw, Dila & Fitri yang kebetulan orang terakhir yang ngantri pemeriksaan jantung di ruang 314 sempet nanya ama Nety (temennya Fitri) yang baru beres diperiksa, gimana sih diceknya. Trus dia bilang kalo dicek bagian dadanya, TOPLESS ! Owemji… yang bener ajaaa?? Duh kagok bener atuuhh… Dokternya cewek sih, tapi tetep aja rasanya gimanaaa gitu…

Dan pas giliran gw masuk, ketemu dokternya wanita berjilbab. Fiuuhh…syukurlah… Trus doi dengan lempeng minta gw untuk buka baju bagian atas termasuk bra. Sempet sih dia becanda dikit, “Topless sebentar gapapa ya..hehe..” He-he-he…gw pun tertawa kepaksa. Pas buka daleman terakhir, rasanya beraattt banget, kagok bin maluuuu… Yawdalah…ditahan2in aja bentar… Trus akhirnya gw ber-topless-ria dengan menebal2kan muka gw seolah2 ga ada siapapun disitu. Trus gw disuruh baring diatas ranjangnya dan mulailah gw dipasangin alat2 seperti gambar di bawah ini :

Proses ECG

+ semacam jepitan besi di tangan kanan-kiri dan kaki kanan-kiri. Duuhhh…gw serasa seperti akan dihukum listrik kayak di film2 gitu. Hiiii…. Pas dokternya masang alat itu di daerah dada, gw rasanya maluuu banget. Ga karuan rasanya, tapi gw pura2 anteng aja. Gw memandang langit2 aja terus, sambil menanti2kan kejutan2 listrik yang gw pikir akan diberikan terhadap gw. Hehehehehe….konyol deh… Ga berasa apa2 ternyata euy… Jadi sepertinya cuma memantau denyut jantung aja. Gw pikir bakal dikasih shockwave or sejenisnya macam kalo di film ER gitu kalo ada pasien yang serangan jantung gitu. Hahahahaha….. Parno bangeett….

Ga lama sih prosesnya… Paling cuma 5 menitan doank. Abis itu gw buru2 berkostum lengkap lagi, en hasilnya pun langsung keluar dari alat tersebut. Semacam print-an gitu.

Ngintip dikit aahhh...

Lucu juga ngeliat grafik detak jantung gw sendiri dalam kurva2 seperti itu. Kayak di film2 ! Hihihihi…

Selebihnya sih pemeriksaan lab, rontgen & fisik gw udah pernah ngalamin sebelumnya, jadi ga begitu kaget. Paling pas pemeriksaan fisik aja, selain pemeriksaan buta warna, tensi & jarak pandang, sempet dicatet juga tinggi/berat badan, trus ditanya kapan terakhir menstruasi, trus kuping gw juga sempet dicek pake semacam alat apaa gitu. Kaget gw pas tiba2 dokternya masukin alat itu ke kuping gw, ga pake aba2 apa dulu kek gitu. Diceknya kiri-kanan. Lalu perut gw juga ditekan2, periksa gigi secara global *nanya gigi gw emang lubang / ditambal?*. Yang lucu yah, pas dokternya nyuruh gw duduk trus mukul2in daerah punggung bawah gw, nanya sakit ga. Gw sih jujur aja bilang, “Enak dok…lagi pegel soalnya…hehehe” Eh dokternya ketawa juga! Hihihihi….Trus udah deh kelar gitu aja pemeriksaan fisiknya.

Tapi itu pemeriksaan fisik untuk cewek ya. Kayanya kalo untuk cowok beda lagi deh. Soalnya tadi ada cowok yang abis diperiksa, trus pas keluar nanya ke kita cewe2 disuruh buka baju gw. Gw bilang aja ngga. Trus cowok2 itu langsung pada ketawa-ketiwi ga jelas gitu deh. Dan kayanya emang ada pemeriksaan “lebih dalam” khusus cowok deh. Soalnya obrolan para lelaki ini di group BB *yang baru kita buat pas nunggu pemeriksaan fisik sambil ngabsen nghapalin nama & muka orang2 :p* menyiratkan bahwa terjadi sesuatu yang (mungkin) traumatis bagi mereka. Hihihihihi…. Entah bagian tubuh mana yang dicek… :p

Haaaahhh…..gw lega, bersyukur, seneng bisa sampai pada tahap ini dan ketemu dengan 16 orang sesama calon pegawai CCA Garuda Indonesia lainnya… Mudah2an kami ber-17 ini bisa lanjut terus sampai tanda-tangan kontrak dan akhirnya jadi pegawai tetap. Amiiiiinnn….🙂

Mudah2an langgeng seterusnya. Amin!

53 responses to “MedEx CCA @ Garuda Sentra Medika

  1. dodo

    mba chika, mau nanya donk..kira2 klo untuk test buta warnyanya seperti apa ya? apakah test ishihara? Dan klo boleh tau, apakah dari hasil test medical ini ada kandidat yg tidak lolos y mba?

    ~Thanks n best regards

    • chocochicka

      halo dodo…iya betul,tes buta warnanya yg test Ishihara…kalo di CCA,ada 2 temenku yg ga lanjut setelah medical, dan ada 4 yang diminta utk medical ulang…:) Bsok mw medex ya?

  2. kurapica88

    belom c..bsk baru psikotes..sy cuma masih trauma aja ama medcek. Soalnya dulu pernah nyoba d salah satu BUMN dan gagal di medcek. Btw, dari blognya, chika hebat juga ya..ngelamarnya di perusahaan2 bonafid semua..trus sekarang jadi milih yg mana nih?

    • chocochicka

      wah..dibilang ngga gagalnya karena apa?ga dikasih kesempatan medcheck ulang?
      hehehe…ya ngelamar mah kemana2…yang manggil cuma setengahnya…:p
      Kalo boleh milih sih,pengennya di tempat yang udah ampe tahap akhir ini, alias di GA…doain yaa….
      Siapa tau qta bisa sama2 masuk sini & berkarya bareng2…:)

  3. dodo

    yg kemaren ga ada medcheck ulang. Emang d Garuda ada medcheck ulang ya? emang ngaruh ya medcheck ulang??
    btw, congratz ya dah lolos tahap akhir..mantap deh chika..b^^d

    • chocochicka

      ada koq…temenku ada 4 yang medcheck ulang karena berbagai alasan, salah satunya masalah kolesterol…
      oia, makasih yaa…:) mudah2an segera menyusul…:)

  4. Medexnya berapa jam ya? Thanks in advance

  5. sinta rosalina

    thanks ya.. postingan lo bermanfaat buat yg mo tes di GIA
    salam kenal
    wish me luck for tomorrow besok baru mau tes psikotest

  6. Chika klo mata min berpengaruh gak? trus klo gigi ditambal gmna tuch?

    • chocochicka

      tergantung posisi yang diapply kali ya…
      temenku byk yang matanya minus, bahkan silinder, tapi diterima koq…
      mgkn kalo posisinya butuh kejelian mata, bakal diprioritasin kesehatan matanya…
      gigi ditambal kayanya ga terlalu pengaruh ya…
      gigiku jg ada yg ditambal, dan kemaren cuma ditanya aja itu kenapa ditambal…
      hope it helps…:)

      • Oh gtu, kalo pake softlens diperiksa gak? iya makannya sebelum fight di garuda kebetulan gigi saya ada yang dicabut 2 gara2 bolong, takut diomelin nantinya.🙂 hehe

      • chocochicka

        biasanya sih disuruh buka softlens-nya sebelum pemeriksaan..
        Waduh, ompong donk jadinya? Ditambal atau dicabut nih? Either way, kayanya ga masalah ya.. Kecuali ngelamar jadi pilot, mgkn jadi bahan pertimbangan..😀

  7. Oh suruh buka dlu. dicabut euy giginya, oh ya waktu tes jarak pandang itu maksudnya gmna? dua mata suruh lihat huruf dari jauh gtu? apa satu2?

  8. ghea

    Well, Mba chika aku hr senin medex🙂
    Kalo ada gigiku yg ga ditambal gimana? Ato mnding ditambal aja ya ??
    Skr mba chika udh sampe Pantuhir/ training ???
    Mau dong mba diinvite ke group CCA :p
    276EFE36 Thanks mbaaa😉

    • chocochicka

      halo ghea.. sorry nih telat baca komennya..
      gimana medexnya kemaren? gigi ditambal atau ngga kayanya ga ngaruh deh.. maksudnya, kalo memang butuh utk ditambal, ya ditambal aja dulu..🙂
      skr aq udah kerja,ghea.. udah mau 4 bulan..
      wah, hihihih… group CCAnya udah ngga ada,ghea… berhubung ga banyak yang pake BB.. :p

  9. jay

    salam kenal ya.. gue mau tanya nih, kalo untuk posisi POS masalah gigi yang sudah dicabut gimana? bermasalah gak? thanks ya

  10. jay

    it”s okay sist, thanks beforehand:) blog nya bagus dan bermanfaat

  11. Halo Mba Chicka, mau nanya dong kmrn pengumuman MedEx-nya berapa lama ya keluarnya? Aku juga udah MedEx seminggu lebih yg lalu, tp blm ada hasilnya juga. Mungkin ditanya ke pihak recruitment aja kali ya? Atau gimana ya enaknya? Makasih ya.🙂

    • chocochicka

      Halo,Hanny… Maaf baru sempet bales nih.. Dulu aq MEDEX 23 Juni 2011, trus tgl 30 Juni-nya udh ASKAM. Berarti kurang dari seminggu udah ada kabarnya. Coba aja ditelpon pihak rekrutmen-nya ya, banyak kemungkinan sih: namamu kelewat atau memang mereka belum melanjutkan proses seleksi lagi. Proaktif gapapa koq.🙂 Good luck yaa…

  12. Jennifer

    halo slam kenal ya,aku ikut interview bwt FA garuda,dan thanks God besok aku pantuhir..tapi aku gak tau pantuhir itu di apain?😦 mbak chika mgkn bisa kasih gambarannya?thanks before🙂

    • chocochicka

      Met kenal juga, Jennifer..
      Maaf banget, aq ga tau Pantuhir itu ngapain aja.. Mungkin bisa dicoba googling,kayanya aq pernah baca ada blog yg ngebahas ttg Pantuhir..
      Semangaatt yaa…🙂

  13. Wesley

    siang mbak chika , mau naya dong , kalau test askam itu mengenai apa ajanya mbak ?

  14. mayahasan

    mba cika ga lolos jadi FA garuda ya? trus skrg kerja dimana? maaf banyak nanya🙂

    • chocochicka

      iya,aq ga lolos jadi FA Garuda euy.. Soalnya aq memang ga apply jadi FA..🙂
      Puji Tuhan sekarang udah mau 8 bulan kerja di Garuda..

  15. mayahasan

    ooh kirain mba apply jd FA hhe. trs d garuda kerja d bagian apa mba? asik ga kerja nya?

  16. iwan prasetio

    Mbak chicka , kalo boleh tau tes MEDEX tuu berpa rupiah ? Terus waktunya bisa kapan aja ? Cuman d jakarta ? Reply yaa mbak , butuh info nih ,

    Thx🙂

    • chocochicka

      ini maksudnya MedEx dalam proses seleksi di Garuda kan ya? kalo memang sudah sampai tahap medex, harusnya dapet undangan by email utk dateng ke GSM di Kemayoran, Jakarta, pada waktu yang sudah ditentukan. MEdexnya ngga bayar koq.

  17. Ismi

    kalau hasil medex sama garuda dikasih tau ga ya hasilnya?apakah badan kita dalam keadaan sehat atau ga yg mana medexnya garuda yg bayarin. ada kemungkinan gagal juga ya klo medex? kira2 penyebab gagalnya apa?? sori bnyk tny soalnya mau medex🙂

    • chocochicka

      pada saat medex, nanti bakal ketahuan diceknya apa aja. setahu saya sih semua Garuda yang bayarin.
      kemungkinan gagal medex tetep ada. nah, masalah penyebabnya, saya ga ngerti pertimbangannya apa karna kemaren ada beberapa temen yang gagal di medex, tapi ada yang dikasih kesempatan utk medex ulang, ada juga yang lsg cut ga lanjut lagi.

      • Ismi

        oh ya maaf tnya lagi..kalo masalah gigi behel gmn ya?apa dilepas dulu?pengaruh ga ya kira2 pada hasil medex?mksih

      • chocochicka

        behel medis atau behel gaul nih?klo behel medis sih menurutku tetep pake aja.toh ntar dicek jg ama dokternya.klo behel gaul,yaaaa…dikira2 aja lah ya..🙂

  18. ayuuu

    Mbak, bisa minta emailnya ga? Mau tnya2 lewat email aja, mau tnya tentang rekruitmen pramugari GIA, kira2 jarak test setelah interview usher ke test medex brapa lama ya mbak?

  19. oz

    mba chicka… saya abis medex… untung aja gak diperiksa gigi sama “pemeriksaan mendalam”😛

  20. Laras

    Mbak Chika, aku mau nanya lagi dong🙂
    Mbak chika tau ga temen2 mbak yang harus medex ulang itu, jadwal medex ulangnya gimana? akan ditentukan kemudian by email atau terserah kita yang mengalokasikan sendiri waktunya?
    Terimakasih sebelumnya mbak🙂

    • chocochicka

      medex ulang kayanya ditentuin by email deh.. biasanya dikasih waktu beberapa hari untuk “menyehatkan diri”, baru medex ulang lagi..

  21. Yanuar

    mbk Chika mau tanya dong untuk tes buta warnanya yang dipake ishihara berapa plate yah 16,24 atau 38? angka2 aja? apakah berpengaruh apabila hasilnya kuranf baik? thanks Chika

    • chocochicka

      waduh, aq ga ngerti tuh berapa plate.. angka2 aja sih.. kalo pengaruh atau ngga,mungkin org HRD/psikologi yg bisa ambil keputusan ya.. tergantung posisi yg di-apply juga sih.. kalo posisi tsb butuh bisa mengenali perbedaan warna, ya bisa sangat berpengaruh.. cmiiw ya…

  22. Yanuar

    Oh angka2 Aja yah.. makasih yahh infonya… ak apply buat FA dan neext week Medex..mau tanya lagu mbk chika.klo lulus lg kan..Backround check.. itu cuma ngumpulin berkas aja yah? trus klo uah pantuhir masih ada kemungkinan kita ga lulus juga yah?…

  23. Titanz Armstrong

    udah cakep, cerdas lagi,,,,^_^

  24. aryan mukti

    mbak chika. aku nglamar di bagian mechanic nih, kira kira punya kenalan orang mechanic nggak,?
    aku mau tanya tanya secara detail, kalau sesama profesinya kan tau, hihihihi,
    makasi mbak chika,🙂

  25. Dwi

    Mb, mau nanya dong halte busway terdekat dari tempat medex apa mba ? thanks

    • chocochicka

      Hai, kalo nanya temen sebelah sih, katanya deket ama halte busway Gunung Sahari. Dari situ nyambung angkot atau bajaj kalo ada sih.

  26. bima

    mba chika, kalau sudah sampe kerja total biaya yang udah dikeluarin berapa ya mba? thx

    • chocochicka

      Total biaya apa nih? Biaya transport? Kalo transport mah, berhubung saya berangkatnya kadang dari Bandung, jadi lumayan juga ongkosnya🙂

Menurutmu gimana?

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

