2nd Interview @ Garuda Indonesia

Re-schedule Interview @ 7am

Wedeeww…gw kan harusnya jam 9 interviewnya… Brarti maju jadi jam 8 donk? Fiuuhh…pas banget deh SMS ini masuk pas gw udah di terminal 2 Cengkareng jam 07.30! Untung aja tadi pagi gw brangkat lebih awal dari rumah (jam 06.20). Itu aja udah ‘ngaret’ dari rencana awal jam 06 pagi. Hehehe… Kayanya tanda2 mesti dijadiin habit saat gw udah gawe jadi CCA deh: tiba 1 jam lebih awal dari yang direncanakan.聽Tapi toh pada kenyataannya gw baru dipanggil masuk ke dalam ruangan interview di lantai 3 ruang DeKom itu jam 08.15an.

Gw diinterview ama ibu2, ga tau namanya siapa, doi ga memperkenalkan diri dan gw pun lupa nanya :p Pertanyaannya sih seputar kerjaan yang lama. Bagaimana gw menghadapi kondisi tertentu, bekerja dalam tim, gimana problem-solving, apa yang gw lakukan untuk menjaga privacy perusahaan, dll. Trus beliau tanya, gimana langkah2 gw dalam menjalankan kode etik CCA, misal menghadapi pilot/pramugari/crew lain yang mungkin akan mencoba mendekati untuk minta diubah schedulenya, baik itu waktu maupun destinasinya.

Awalnya gw pikir gapapa untuk sekedar berinteraksi sosial dengan mereka. Ya dalam lingkungan kerja kan tetep butuh sosialisasi bukan? Profesional aja gitu. Kerja ya kerja, sosial ya sosial. Eh, ternyata, menurut ibu ini, ada tertera dalam kode etik perusahaan bahwa CCA dilarang berinteraksi dengan para crew tersebut, demi untuk menghindari kecurangan dalam penjadwalan.

Beliau mencontohkan gini. Misal ada pramugari/pilot yang suka ngasih oleh2 dari luar negeri. Kan secara ga langsung gw akan ada perasaan “balas jasa” terhadap mereka. Nah, takutnya nanti mereka akan “menagih” hal tersebut dengan minta di’kompromi’kan jadwal mereka sesuai keinginan mereka. Gitu ceritanya…

Fiuuhh…agak ketat juga ya? Tapi ga tau juga sih, apakah benar2 seperti itu peraturannya. Either peraturan tertulis atau etika lisan kali ya… Well, let’s see after I become one of CCAs…馃檪

21 responses to “2nd Interview @ Garuda Indonesia

  1. nea

    salam kenal sebelum’nya … bak chika aku mau tanya dong…
    klo bda’nya passenger service assurance sma operating service assurance tuh apa c? trz perbeda’an kerja’nya ap sma CCA?
    trimaksih :))

    • chocochicka

      halo met kenal, nea…
      duh maaf ya,aq ga tau bedanya Passenger Service Assurance dengan Operating Service Assurance… Aq juga ga tau mereka itu kerjanya apa coz ga pernah ketemu dengan divisi tersebut…
      Kalo kmu tanya CCA itu kerjaannya gimana,baru aq bisa jawab…馃榾

  2. Dian S.

    salam kenal mbak chika,,

    mau tanya, kalau ini interview apa ya, user ya..

    kalau baca step-step nya kan ada interview user dan interview kompetensi ya..

    terimakasih sebelumnya馃檪

  3. Rhinnie

    Lam kenal chika..馃檪
    Mau tanya donk, setelah wawancara user, itu dikabarin berapa hari??
    Soalnya kemarin abz wawancara user, ktnya bakal di email 1minggu utk wawancara kompetensi.

    Thanks yah info nya馃檪

    • chocochicka

      met kenal rhinnie..
      kalo aq kemaren, setelah wawancara user dikasih kabar kurang dari 1minggu.. wawancara usernya 31mei11, trus wawancara psikotesnya 7juni11..
      smoga membantu ya..

      • Rhinnie

        Wah bener niy, gak nyampe seminggu udah dikabarin, tapi nyisa 2 orang doank niy,, apa sesusah itu ya masuk garuda? huhuhuhu馃榾
        Sangat amat pengen masuk garuda,, mdh2an lolos yah daku hehe馃檪

      • chocochicka

        Amiinnn…mudah2an lancar sampe diterima jadi pegawai yaa..馃檪
        Kalo udah nyisa 2 orang sih harusnya kurang dari seminggu udah dikabarin..

  4. Rhinnie

    wahh terima kasih banyak yah,, klo lolos, pengen dah ketemu sm mbak yg satu ini,, hehehe馃檪

  5. Hi chicka,

    Thanks for sharing….

    I’m on my 2nd interview phase. The previous phases, I was having a good feeling regarding what would the result be. After, the 2nd interview, starting with the unexpected change of schedule, and finally the interview. I’m keen on losing my confidence. So, I’m completely surrender to God for what will happen next. Anyway, thanks again for writing such ‘guideline’ for GA recruitment phases. I’m reading your inspiration stories. GBU!

  6. Salam kenal chicka,
    Mau nanya dong…hari saya sudah 2nd interview (interview kompetensi) untuk posisi Junior Instructor. Tapi hasilnya susah utk diprediksi ya…hehehehe. Beda sama pas yg interview user. Tadi kita tinggal 8 orang lg, dari 23 yg ikut interview user. The question is…kira2 utk hasil interview ini diumumkannya dalam waktu brp lama setelah interview ya? Soalnya ga dikasih tau sperti yg sblm2nya…

    Thank u yah…

    • chocochicka

      met kenal juga..馃檪
      kalo dulu sih biasanya dikasih tau kapan pengumuman hasilnya.. biasanya hari Jumat.. kalo pun ga dikasih tau, selama ga ada email rejection, masih bisa berharap2 positif koq..馃檪
      sabar ya..

  7. salam kenal chika馃榾
    cuma mau tanya itu perbedaan yg signifikan antara wawancara user dan wawancara kompetensi apaan sih hehehe saya nanti insya Allah akan wawancara kompetensi dan masih bingung apa yg harus di persiapkan
    makasih yaa

    • chocochicka

      met kenal, reksi..
      wah, dulu aq ga ada wawancara kompetensi euy.. jadi ga bisa kasih info tentang itu.. maaf ya..
      semoga sukses ya..馃檪

      • nui

        dear Mba chicka salam kenal..
        Saya mau tanya so far kerjaan seperti CCA menyenangkan atau tidak?
        Masalah kontrak selama 1 tahun itu apakah perlu di khawatirkan? Waktu itu Mba goalnya apa selama 1 thn kontrak?
        Thanks ya

      • chocochicka

        CCA menyenangkan! Serasa main puzzle, mix-match, apply regulations, avoid delay, dll.
        Kontrak 1 tahun dinikmati aja.. Kalo sudah berada di dalam, pasti tahu apa yang harus dilakukan馃檪

  8. randi

    Mbak chika, saya diawarkan posisi operation planner oleh garuda indonesia..tapi kok jobdesknya mirip kayak cca yah?
    Adapun tanggung jawab dari posisi Operation Planner adalah sebagai berikut:
    路聽聽聽聽聽聽聽聽 Memastikan tersedianya data perencanaan penerbangan (aircraft, route, air crew, station, schedule, etc)
    路聽聽聽聽聽聽聽聽 Memastikan聽 tersedianya rotasi pesawat dan crew periode 01 bulan sampai dengan periode 48 jam
    路聽聽聽聽聽聽聽聽 Monitoring pelaksanaan perencanaan rotasi pesawat dan crew periode 01 bulan sampai dengan periode 48 jam
    路聽聽聽聽聽聽聽聽 Memastikan聽 data Flight schedule聽 dan crew schedule ter update
    路聽聽聽聽聽聽聽聽 Memastikan safety awareness/ keselamatan penerbangan dan kepatuhan terhdap standar penerbang
    路聽聽聽聽聽聽聽聽 Memastikan pekerjaannya comply dengan semua sistem manajemen yang diterapkan perusahaan yaitu IOSA,聽 dan Sistem Anggaran

    Pertanyaan saya..apakah perbedaan antara cca dan operation planner?..

    • chocochicka

      Operation Planner dan CCA itu satu direktorat, kerjaannya kurang lebih sama untuk yang umumnya. Secara khusus, bedanya adalah Operation Planner itu mengerjakan untuk periode 48jam sampai 1 bulan (persis seperti jobdesc yang ditulis), sedangkan di CCA untuk scheduling hari ini sampai 48 jam. Nanti kalau sudah on the job, bakal lebih kebayang bedanya apa.
      Randi ditawarkan posisi ini melalui apa? Sudah interview user ?

      • randi

        Terimakasih sudah merespon pertanyaan saya mbak chika..Saya ditawarkan karena dulu saya ikut mt commercial namun gagal di tahap seleksi administrasi mbak..jadi database saya masih ada di rekuitmentnya dan saya ditawarkan untuk menjadi operation planner..

        Tgl 24 desember 2014 saya Sudah diberitahu kalau saya lolos psikotes dan bahasa inggris.. Tapi masalahnya belum di email jadwal untuk interview usernya mbak…. Di email hanya dikasih tau bahwa jadwal dn tempatnya akan menyusul… Sudah 2 minggu belum ada kabar..

Menurutmu gimana?

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

