Interview User @ Garuda Indonesia

Hasil Interview User CCA

Kandidat Crew/CROPA Assignment

Yaaayyy…. Terima kasih, Tuhan, gw masih lanjut ke tahap berikutnya seleksi Crew & CROPA Assignment!

Ups, gw belum cerita ya kemaren gimana interview usernya? So here it goes…

Gw kebagian jadwal interview jam 15.00, en gw udah nyampe ke GMF sekitar jam 14.00. Somehow, perut gw selalu bergejolak begitu nyampe gedung ini. Sama kayak waktu psikotes pertama kali dulu. So, I’ve got to do what I need to do… :p

Ternyata ampe jam 15.15, nama gw akhirnya dipanggil juga, barengan ama 2 orang lain, 1 cewe (namanya Melati) dan 1 cowo (namanya Arif). Trus kita ber 4 barengan ama mbak Resi (atau Risa?) ke ruang Dewan Komisaris di lantai 3. Disitu kita nunggu dipanggil untuk masuk ke ruang interview. It turns out kalo Arif itu harusnya diwawancara jam 14, dan Melati jam 14.30. Jadi ngaret jadwal wawancaranya.

Sekitar jam 15.25 giliran Arif yang dipanggil masuk untuk interview. Setelah ngobrol2 dengan Melati, gw baru tau kalo ternyata dia sekarang udah gawe di projectnya BKPM, tepatnya di SPIPISE, di bawah arahannya mas Toni, just the same as me a year ago! Ya ampuuunn kecilnya duniaaa… Jadi asyik deh ngobrol2nya..

Dua puluh menit kemudian Arif beres interviewnya and langsung lanjut ke Melati. Si Arif cerita kalo ada sesi bahasa Inggrisnya dikit, sekedar introduce doank siih.. Well, udah lumayan bisa lah kalo introduce doank mah. Hihihi..

Eh, ternyata Melati lebih singkat lagi interviewnya… Cuma 15 menitan… Seneng donk gw, jadi ga kesorean pulangnya… Dan masuklah gw ke ruangan interview.

Gw diinterview oleh 2 orang user, pak Saehu & pak Hermawan, dan mbak2 dari HRD-nya, mbak Resi (atau Risa?maaapp…). Awalnya sih ditanyain dulu ama mbak Resi Risa, suruh introduce my self in English. Trus sempet ditanya2 juga soal gawean dulu gimana. Pertanyaan2 standar lah. *gw lupa saking seringnya diinterview :p*. At the moment she interviewed me, bapak2 masih pada sibuk on the phone. Lagi ngobrol serius gitu. Jadi whole English conversation-nya ama mbak Resi Risa doank.

Akhirnya bapak2 ini pay attention ke gw dan mulai tanya2. Tanya isi dari CV, kuliah dimana, jurusan apa, anak ke berapa, tinggal dimana, dll. Trus mulai spesifik ke personality/etos kerja gw.

Pertanyaan yang gw agak “heh?” tuh ini:

“Pernah naik pesawat ga? Tujuan kemana? Dalam rangka apa? “.

DOOOOHH…ini maksudnya apa ya? Underestimate kah gimana? Oooohh….ternyata2 beliau ini mw mengarahkan gw ke pertanyaan tentang CCA.

Bpk S: “Apa yang kamu lihat saat sudah dalam pesawat?”

Gw: “Ummm…lihat ke luar jendela pak, lihat pemandangan.”

GUBRAAAGGG!! Hahahahaha…pasti itu yang ada dipikiran mereka…hihihihi… Trus gw diarahin lagi jawabannya.

Bpk S: “Kamu ga lihat jam?”

Gw: “Kalo sudah dalam pesawat sih, ngga pak…”

Bpk S: “Jadi kamu ga masalah, apakah pesawatnya delay atau ngga?”

Oooooo….kesitu tooohhhh arahnyaaa… Hihihihi…

Gw: “Ooohh…masalah donk,pak… Tadi asumsi saya adalah kalo udah masuk dalam pesawat, berarti on-time.. Kalo saya sedang di ruang tunggu, pasti saya akan bolak-balik ngecek jam…”

Bpk S: “Untuk apa kamu ngecek jam?”

Gw: “Ya untuk mastiin apakah keberangkatannya ontime, sesuai dengan yang tertera di boarding pass.”

Baru deh si bapak terlihat puas! Hihihi… *lemot yak gw? =D* Trus gw dijelasin, lebih tepatnya diarahkan jawaban gw, betapa pentingnya posisi CCA ini.

Ibaratnya dalang dalam pewayangan *entah kenapa gw nyebut soal pewayangan,kayanya masih terngiang #JabangTetuko*, CCA inilah yang ngatur kapan masing2 crew melakukan perannya. Kalau sampai CCA salah ngatur jadwal, itu akan berefek domino bagi kelangsungan jadwal penerbangan. Flight-nya jam 10.30, tapi pilotnya diassign jam 11.00, siapa yang me-lepas-landas-kan pesawatnya?? Akibatnya penerbangan delay. Kalo delay, berarti ada flight lain yang akan terpengaruh. Begitu seterusnya. Jadi presisi seorang CCA dalam mengatur jadwal itu krusial banget. Bisa kena penalti kalo sampe salah ngatur jadwal.

Dan orang2 yang bekerja di maskapai, tanggalan-nya HITAM semua, alias tidak mengenal tanggal merah. Mana ada sejarah pas tanggal libur malah tidak ada penerbangan? *Well at least for now it never happened*. Apalagi seorang CCA yang tugasnya ngatur jadwal. CCA bekerja dalam shift: 07-15, 14-23, 23-07. Yang shift siang memang sengaja di-overlap, mungkin karena load siang hari lebih banyak ya. *asumsi gw sih*. 15-22, 22-07.

Trus gw bolak-balik ditanyain gini:

“Suka pulang malem ga? Atau ga pulang?”

“Suka dugem?”

“Sering ngerokok?”

“Suka minum2an keras?”

Waduuuwhhh….apa gw keliatan kayak anak-gaul-bandung-tukang-dugem yaaa?? Perasaan dandanan gw biasa aja deh. Blazer+rok kebangsaan+makeup standar. Emank sih pake eyeshadow biru supaya match ama daleman blazer gw, tapi emang kayak anak dugem gitu??

Ternyata beliau mencoba mengkaitkan dengan kerjaannya CCA yang mungkin akan kena shift malem, which means akan pulang pagi. Kalo orang yang ga terbiasa, akan terasa berat untuk kerja di malam hari. Belum lagi “tatapan” orang lain yang lihat anak gadis pulang pagi hari. Asumsi bisa berkembang macem2. So they asked me if that’s okay for me. I answered confidently, Yes, it’s okay!

Gw ga tau apakah semua peserta lain juga seperti ini, tapi bapak2 ini (tepatnya, Bpk S), sering banget ngejelasin kemungkinan2 terburuk seorang CCA dan diakhiri dengan “Is that okay for you?“. Humm…so far sih, semua yang dijelaskan oleh mereka: pulang pagi, bekerja dalam shift, transpor sendiri (yups,cuma dikasih uang transpor,tapi angkutan karyawan *katanya* ga dikasih), ga ada pembedaan laki/perempuan, tidak ada tanggal merah; not a big problem for me. Solusi: cari kosan deket kantor supaya angkutannya gampang, atau ngojeg, atur waktu cuti sendiri.

Meanwhile, interviewer yang satu lagi, bapak Hermawan, ga banyak nanya sih. Cuma nanya tau lowongan ini dari mana? Lulusan mana? Beliau lebih mengobservasi sih. Tiap gw ngomong, diliatin banget. Heheheh…

Rasanya segitu aja interview user kemaren, yang tampaknya cukup memuaskan mereka, sehingga gw diloloskan untuk ke tahap selanjutnya. Yipppeee….

28 responses to “Interview User @ Garuda Indonesia

  1. vika

    Mba mau tanya dong,, wktu itu sebelum wawancara user diminta untuk membawa surat lamaran jg ga ??

  2. sari

    mba mau tanya waktu tanya, wktu ikut lamaran ni mba nya masi bekerja di tempat lain gak?

    • chocochicka

      Kalo aq sih waktu itu memang lagi jobless, tapi ada koq beberapa temanku yang masih kerja di tempat lain. Dan pas akhirnya mereka diterima & lagi briefing kontrak, mereka dikasih waktu koq utk resign dari kantor yang lama. Tergantung gimana kebijakan di kantor lama aja, apakah 1-month notice atau berapa hari gitu. Nanti surat kontrak yang baru akan dikirim setelah mendekati waktu mereka resign dari kantor lama.

  3. virassibi

    mba aku mau tanya dong kalo pas interview nya sesi mana sih yg paling sulit atau bikin mudah gagal buat kita yg daftar ?

    • chocochicka

      humm…mgkn pas interview user ya..soalnya kan disitu berhadapan lsg ama calon atasan qta.mrk yg akan menilai kira2 qta cocok/ngga di posisi tersebut.yaa kayak jodoh aja kali yaa…cocok2an..🙂
      good luck!

  4. virassibi

    kebetulan aku daftar FA GIA,, smoga ya.. soalnya yg aku denger suka banyak yg gagal di tahap pertama dan wawancara user.. makasih info nya ya ka🙂

  5. vitaphyd

    mba..mau nanya..aq apply d posisi RMA…punya info ga mba..kira.kira bakal d interview nya sekitar ttg apa gt ? makasiii mbaa….

  6. David

    Aku David. Lagi tahap ketiga nih..badge 6 posisi CCA. Doain yaa..hhee..blog kamu menginspirasi aku sekali. thx

  7. Kak Cika salam kenal🙂

    Aku mau tanya sedikit, kakak tau posisi station support analyst?
    Kakak di Jakarta atau di luar Jkt ya penpatannya?

    • chocochicka

      met kenal, Ilmi..🙂
      Aq kurang tau mengenai Station Support Analyst, tapi dari judulnya sih kemungkinan di area bandara penempatannya. Kalo aq sendiri sih di Cengkareng penempatannya, tapi bukan di bandara, tepatnya di daerah perkantorannya.

  8. Laras

    Mbak, aku Laras. Aku lagi mau interview user untuk posisi CCA juga awal oktober nanti🙂
    Boleh share tipsnya mba?
    Waktu mba interview, apakah using English in whole converstion, atau diawal aja ya Mba?
    Anw, makasih mba, cerita di blognya cukup membantu, hehe..

    • chocochicka

      Wah, semoga diterima ya.. Memang lagi butuh banyak orang disini..🙂
      Interview user-nya cuma pas introduction aja koq.
      Tipsnya? Be yourself aja. Hehehe.. klise tapi memang bener koq.. Kalo dibuat2 malah ribet mesti mikirin skenarionya.🙂
      Semoga sukses selalu ya..

  9. mbak chicka.. tau rute tercepat -dan termurah😀 – untuk sampai ke garuda training centre di duri kosambi dari istiqlal? aku dari solo ..sama sekali gak tahu jalan di jakarta (T_T)

    • chocochicka

      rute termurah: naik busway dari halte istiqlal, turun di halte rawa buaya, trus nyambung angkot putih. ntar bilang aja mau turun di GITC duri kosambi. tapi kalo pake busway, agak lama di jalan krn mesti transit2. kalo mau tercepat mah naik taxi aja🙂

  10. Erna

    salam kenal mba chicka,,mau tanya itu pas wawancara,, pas perkenalan diri mbak jelasan tentang sifat mbak atau jelasin kaya nama,umur,lulus darimana,hobby..

    • chocochicka

      met kenal Erna..
      pas introduction sih aq ga jelasin tentang sifat ya.. standar aja: nama,umur,lulusan mana,pernah kerja dimana aja.. gitu2 aja sih..

      • Vira Novianti

        Hi ka chika, aku Vira salam kenal ya ka🙂. Kak aku mau tanya, kalo ingin menjadi pramugari garuda indonesia, apakah boleh lulusan SMA? Terima Kasih…

        Succes for you

      • chocochicka

        Met kenal, Vira. Requirements untuk pramugari bisa dilihat di http://career.garuda-indonesia.com/ dan tertulis pendidikan minimum adalah SMA/SMK/sederajat. Jadi, jawaban untuk pertanyaanmu adalah boleh. Semoga sukses ya.

  11. Ilham Luhur R

    mba chika salam kenal, saya ilham …
    mau tanya mba, pada tes user sepenuhnya kita harus berbicara b. inggris atau nggak?
    dan mau tanya klo mba chika tahu, di GMF untuk engineering biasanya ditempatin di mana, bandara atau kantor dan kira2 daerah Jakarta atau di mana?

    • chocochicka

      Met kenal, Ilham. Untuk interview user, pengalaman saya kemarin sih hanya saat perkenalan diri saja. Selebihnya bahasa Indonesia.
      Untuk penempatan di GMF, saya kurang tahu. Tapi logikanya sih, kalo posisinya engineering, sepertinya di area bandara, atau di GMF itu sendiri. CMIIW ya.

  12. Mbak chikaaa, entah kenapa setelah baca blog ini jadi berasa kenal dan mesti ngabarin mbak soal seleksi yg lagi saya ikutin. Saya barusan Siang interview di gedung sentra operasi II lantai 3. Mbak chika kerjanya di gedung GSO bukan? Hihi Minta doanya ya mbak chika. Semoga saya lolos ke tahap selanjutnya. Aamiin🙂

Menurutmu gimana?

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

