[10th] Interview @ Nissan Motor Indonesia

Invitation to User Interview

Waw! Udah 10 perusahaan yang ngerespon lamaran gw. Hihihihihi…

More on this later…

………………..

May 26th 2011:

Here I am! Nissan Motor Indonesia @ TB Simatupang. Fiuuhh…gila yeee… Udah berangkat jam 13 dari Pulo Gadung, nyampe sini pas2an banget jam 4 sore… Ga kebayang deh kalo tadi kereta api-nya telat dikit nyampe Gambir, pasti udah ga keburu… Padahal udah naik busway Pulo Gadung – Harmoni – Lebak Bulus, sambung angkot D02 putih untuk ngelewatin si jalan TB Simatupang, teteup aja ternyata kena macet pas di sekitaran Pondok Indah. Pake acara hujan gede pulak..

But, hey! I’m right on time! Sempet dandan & cuci kaki pulak.. Hihihi.. En ternyata interview ini diawalin dengan test pengetahuan dasar mengenai per-database-an. Sangat dasar malah. Cuma disuruh tulis syntax SQL untuk create database, create table, insert, update, delete doank! Celakanya, gw kan udah 1 tahun lebih ga megang begituan, jadi agak2 lupa gimana syntax create database & table yang bener. Mudah2an bener deh! Hihihi…

Lounge a.k.a ruang tunggu sekaligus tempat gw ngerjain tes SQL

Gw dikasih waktu 30 menit, tapi interviewer gw, pak Valent lagi meeting, jadi baru nyamperin lagi sekitar jam 17.30an. Abis itu langsung disuruh masuk ke ruang meetingnya dan gw diinterview disana ama dia + pak Kevin yang lagi di head office di MT Haryono lewat video-live-conference bow! Wiiiwww…gayaaaa… Gw tiba2 mengkhayal suatu hari nanti gw bakal melakukan itu juga: meeting dengan rekan kerja gw di Indonesia saat gw sedang dinas ke Eropa sana. Hihihihhii… AMIIINNNN !!

Back to topic. Trus gw ditanya2 standar mengenai CV gw, pengalaman kerja, weakness, interest gw dimana. Seperti biasa gw bilang kalo gw not-into-programmer-better-database-or-analyst deh… Trus mereka ngejelasin mengenai struktur disana.

HO mereka itu sebenarnya di MT Haryono, tapi untuk orang2 IT-nya semua di TB Simatupang Lantai 5 ini. Lalu dalam IT itu ada bagian Operational yang memaintain aplikasi yang sudah ada dan Project (?) *lupa gw sebenernya coz ga sempet dicatet* yang coding aplikasi baru.

Coding ini ga selalu mesti dikerjain in-house oleh staff IT internal, tapi bisa juga minta vendor konsultan IT yang ngerjain. Kalo posisinya seperti itu, maka staff IT Nissan akan berperan sebagai perantara vendor dengan user yang akan menggunakan aplikasi tersebut. Meeting, bikin user requirement, report, deliver ke vendor, dll dll.

Gw sempet tertarik dengan bagian Coding ini karena toh ga selalu mesti dikerjain sendiri. Tapi karena gw sudah berbulat tekad untuk ngga coding2 lagi *meskipun sebenernya bisa2 aja kalo memang kepepet banget*, jadi gw tetep pilih bagian Operational yang memaintain aplikasi yang sudah ada.

Trus sempet “ditakut2in” bahwa anak2 IT Nissan itu mungkin akan sering ngelembur, minimal jam7 malem baru pulang, malah kadang bisa ga pulang kalo pas akhir bulan karena mesti jaga2in sistem gitu deehhh.. Yaaaa gw udah cukup sering denger “dilema” anak IT yang pasti sering lembur itu yaa.. Jadi ga begitu masalah siihh.. Kalo memang jodoh gw di Nissan, ya tinggal cari kosan yang jalan kaki aja ke kantor. Jadi ga perlu ribet jauh2 TB Simatupang – Pulo Gadung malem2.

At the end, gw dijelasin bahwa setelah proses interview ini, kalau lanjut, maka gw akan dipanggil untuk psikotes & interview HRD/user lagi dalam 1-2minggu. Kenyataannya? Pas gw lagi dalam perjalanan balik dari TB Simatupang, udah ditelpon aja ama HRDnya untuk psikotes hari Jumat besok. Hihihihi…sayang besok gw mesti psikotes juga di ORIX Indonesia di Kyoei Prince Jl. Sudirman… Jadi gw minta tolong di-reschedule dulu..

Btw, kenapa ruang meeting itu selalu dingin banget ya ACnya?? Apa gw yang saltum?? *gw pake blazer lengan pendek sih :p*

Menurutmu gimana?

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

