[4th] Test & Interview @ Bank Panin

Bank Panin, bank forex pertama di Indonesia

Bank??

Again??

Hehehehe…yes, gw mencoba peruntungan lagi di dunia perbankan. Kali ini ngga sebagai MT-nya, tapi kembali ke habitat asal: IT. Hehehehe…

Tapi teuteeuupp, melalui proses seperti di AHM kemarin: psikotes yang terdiri dari 9 jenis tes secara berturut2. Gw ga hapal nama2nya, tapi sebagian besar adalah tes yang sama yang pernah gw lalui di AHM dan di perusahaan2 lainnya. Standar lah ya… *psikotes-maniac* Ada menghafal sejumlah kata dalam beberapa kategori, trus ditanya lagi dalam soal2. Trus ada menggambar orang (Draw-A-Man Test). Trus ada Kraepelin test (semacam lembar Pauli, tapi ada timernya). Ada WARTEGG, ada PAPI Kostick, trus ada soal matematika sederhana (panjang suatu bak adalah 4m, lebarnya 2m, volumenya 40m kubik, berapa tingginya), ada juga menebak 2 angka dalam suatu deret hitung/ukur. Trus ada 2 lagi apa ya? Hummm lupa euy…

PAPI Kostick

WARTEGG

Setelah beres 9 test itu, udah lewat jam 12.30, jadi langsung dipersilakan makan siang dan menunggu hasil siapa yang lolos ke tahap interview pada jam 13.30. Dan puji Tuhan, gw masih dibolehkan ikut ampe interview.

Dan mereka bener2 save the best for last. Gw maksudnya! Hehehehe… Gw dapet giliran terakhir dalam interview. Padahal 1 ruangan lsg 3 orang yang diinterview oleh 3 HRD/psikolog. Lumayan cepet sih prosesnya. Jam 15.30 gw udah melangkah keluar dari gedung untuk pulang dan menunggu hasil untuk diinterview user dalam 1-2minggu.

Hihihihi…lama2 gw hafal deh jawaban untuk psikotes & interview ini. Apa sekalian gw bikin kunci jawabannya aja ya, jadi kalo mereka nanya, tinggal gw sodorin aja? Wkwkwkwkw….

Oia, fyi aja nih bagi yang berminat apply di Bank Panin. Berdasarkan info yang mereka jelaskan tadi, MT mereka itu namanya PDP (Panin/Professional Development Program). Di dalamnya ada yang namanya AOP atau Development Program untuk Account Officer-nya. Trus ada juga untuk Internal Auditnya (ga tau namanya apa). Programnya berjalan selama 3 bulan; 1 bulan di kelas dan 2 bulan di lapangan. Lalu pada akhir program, akan ada review (ga tau oleh siapa) dan dari situ baru ditetapkan apakah lanjut atau terminate atau gugur sampai disitu. Kalau lanjut, maka akan dikontrak dibawah Panin Bank selama 1 tahun, lalu akan ada review lagi untuk menentukan jadi karyawan tetap atau tidak. Kalau tidak, maka selesai sampai dsitu.

Untuk gw sendiri, karena gw memilih untuk tidak MT, maka HRD akan mengkonsolidasikan *ini bahasa mbak2 yang tadi nginterview gw* dengan user IT dari biro2 yang ada dan mereka yang akan menginterview gw, sekaligus yang akan menjelaskan job desc-nya jika nanti diterima.

Well, until that day comes, gw masih akan menempuh psikotes-interview-psikotes lagi di tempat lain. Satu yang udah menunggu adalah interview oleh user IT di Danamon hari Jumat 6 Mei 2011 yang akan datang. Wish me the best ya!

4 responses to “[4th] Test & Interview @ Bank Panin

  1. Sylfia

    Interview nya di tanya apa aja? Saya bsk mau psikotest + wawancara jg di panin. Ini br pertama jd nervous. Hehee..
    Ksh kisi2 dong biar lulus psikotestnya dulu.

    • chocochicka

      dulu tiap kali psikotest sih spontan aja jawabnya, ga pernah dipikir kelamaan…hehehehe…
      interview sih cuma ditanya dulu pernah kerja dimana, ngerjain apa, trus dikasih gambaran posisi yang di-apply itu kira2 spt apa kerjaannya, kira2 tertarik ngga dgn kerjaan spt itu, dll…

  2. Yoola

    Aq jga mo test nih di panin bank chocochicka, kira2 ada tips buat psikotestnya ga ya?? cz aq udh nyoba di astra inter psikotest tapi ga lolos

  3. octa

    btw, lusa gw jg mw intrview di panin, kira” standart gajinya brapa ya sis klo utk bag acc atau personalia? trus utk penempatan kerja di panin kyk gmna ya?, dipindah”in gt gak ya? thx sis🙂

Menurutmu gimana?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

%d bloggers like this: