Day31: Pain in the NEC(k)

Aaarrgghh… NEC-ku sudah lansia.. 6 tahun umurnya.. Ga kuat nerima beban berat dikit… Langsung overheat & mati…

Yah, tampaknya memang sudah waktunya beristirahat dengan tenang.. Gw buka2 lagi brosur2 laptop yang gw dapet waktu pameran mega computer beberapa minggu lalu. Gw udah ngincer beberapa tipe notebook sebenernya. Yang utama sih Lenovo IdeaPad Z460 atau U160 ($699). Bedanya di hardisk (640GB vs 500GB) dan dimensi layarnya (14″ vs 11.6″). Sisanya sama2 Intel® Core™ i5 Processor 480M, memory 2GB DDR3 SDRAM, DVD Supermulti, DOS.

Lenovo IdeaPad Z460

 

Lenovo IdeaPad U160

Gw juga kepikiran Acer Aspire 4745G-5462G64Mn (14″) yang bedanya di processor-nya i5 yang 460M + 1GB ATI Radeon™ HD 5650, dengan harga beda dikit ($769) dan free 3G Modem pulak! Huumm.. Menggoda sekaliii…

 

Acer Aspire 4745G-5462G64Mn

Tapiiii….mengingat budget gw terbatas, dan gw pun belum dapet gawean lagi, gw mesti merevisi keinginan kebutuhan gw. Gw toh ngga akan make laptop gw untuk gawe lagi. Jadi akan bener2 cuma Office sehari-hari, photo editing sederhana, browsing, main game2 kecil. Jadi ga perlu yang the latest technology banget.

Dan akhirnya gw mulai melirik NETBOOK. Awalnya gw pikir, duuuhh…netbook kan kecil banget…ga bisa buat ngapa2in. Kalo kebanyakan aplikasi juga pasti lemot macam si NEC ini. But on second thought, gw kan ga akan make buat ngedevelop web lagi, atau desain grafis, atau edit video pake Adobe Premier macam jaman kuliah dulu. Soooo…netbook should be just sufficient.

Netbook yang kepikiran pertama kali adalah Acer Aspire One yang warna2nya norak2 pastel gitu. Duuuhh..yang bener aja nih? Itu kan ABeGe bangeet… Image gw bisa terjun bebas kalo pake netbook itu. Memang sih ada yang warna item, putih, abu-abu, hijau metalik yang lumayan netral. Tapi spec-nya minim banget euy. Masih pake processor Intel® Atom™ N550 atau AMD Dual-Core Processor C-50. Gw pengennya yang Intel® Atom™ N570 lah yang paling tinggi di kalangan netbook saat ini. Nah kalo Acer, yang N570 ini adanya yang Acer Aspire One Happy (10.1″) nan warna-warni itu.

 

Acer Aspire One Happy

Tiba-tiba gw keinget temen gw Franky Napitupulu yang bulan lalu minta gw installin OS di netbook adeknya. Netbooknya merk HP seri Mini. Langsung gw Google deh dan nemu juga yang processornya N570. Spec-nya standar netbook sih. Memory 1GB DDR3, hdd 320GB, tanpa optical drive, tanpa bluetooth.

 

HP Mini 110

Singkat cerita, setelah 2jam lebih berababil-ria antara NOTE atau NET book, sempet simulasi harga juga di www.bhinneka.com , akhirnya gw beranjak dari rumah ke MangDu Mall. Mana jam-nya udah mepet lagi. Gw berangkat jam 2 siang, hari Jumat. Yaah mudah2an masih keburu deh. Soalnya weekend kan toko-toko di MangDuMall ga buka. Dan hari Jumat di Jakarta hampir selalu macet pas jam pulang kantor. So, help me God lah…

Dari halte Layur, gw turun di Matraman, transit busway yang ke Ancol, lalu turun di halte Mangga Dua Gunung Sahari. Trus lanjut naik angkot 39, berhenti pas di MangDuMall. Langsung gw bergerilya. Hup, hup, hup!

Di booth pertama, gw nemu Lenovo. Promonya standar lah. Gw lanjut ke lantai berikutnya. Gw iseng berhenti di satu toko jual beberapa merk laptop (Acer, HP, Lenovo, Asus) *gw ga inget nama tokonya apa*. Dan di toko inilah gw baru dikasih tau tentang Asus. Dia ngerekomendasiin laptop Asus karena tingkat kerusakannya yang paling minim ketimbang merk-merk lain yang lebih sering dipilih orang. Gw tau sih Asus, yang terkenal sebagai produsen MB. Untuk laptopnya, seumur hidup gw cuma nemu 1 orang yang pake Asus, Bimo Seto temen kuliah gw di IT Maranatha dulu. Selebihnya temen-temen gw pake merk-merk lain (Acer, Toshiba, Sony).

Gw masih rada2 sangsi dengan penjelasan si koko ini. Kan bisa aja bisa2nya dia jualan. Mungkin dia lagi ada target jualan Asus, makanya dia ngompor2in Asus. Trus gw coba bandingin spec-nya. Baru di Asus gw nemu paketan N570 dengan memory 2GB DDR3. Emang sih masalah memory bisa ditambah. Tapi harganya ga beda jauh dengan merk lain yang pake N570 dengan memory 1GB. Gw ditawarin yang seri EeePC.

Dari situ gw jadi makin tertarik dengan Asus. Gw ga angsung mengakhiri pencarian gw disitu. Gw tetep ngider dulu ke toko2 lain. Dan bener, the best deal is yet to come. Di toko Vistar Notebook Center Lantai 1 No.7A MangDuMall gw ditawarin Asus EeePC Trendy 1015 PW Seashell ($349) dengan processor N570, yang baru banget keluar untuk produk eeePC Trendy ini.

Asus Eeepc Trendy 1015pw Seashell

Isn’t it pretty? Oohh how I fell in love at first sight… But again, gw mesti pake logic gw. Sebenernya gw butuh laptop seperti apa? Notebook kah? atau Netbook? To be realistic, budget hanya sanggup netbook. Tapi rasanya sayang banget, udah ngeluarin sejumlah uang untuk netbook, yang kalo ditambah lagi dikit, bisa dapet notebook dengan spec yang lebih oke dan lebih mantap dimensinya. Gw sempet tergoda juga dengan notebook Asus A42F-VX085D yang udah Intel® Core™ i3 Processor 350M. Selain processor, dimensi LCD (14″), optical drive (DVD Supermulti) dan Bluetooth, spec-nya sama dengan netbook Eeepc di harga $519.

Asus A42F-VX085D

Huaahh…gw sempet lama mikirnya antara Eeepc Trendy atau A42F diatas. Dan akhirnya gw mengambil opsi “Call a Friend” dan gw telepon lah Pras untuk bantu gw mengambil keputusan, either netbook atau notebook. Setelah menimbang, memperhatikan, mengingat semua situasi dan kondisi dan kebutuhan selama 15menitan, akhirnya…

Gw membawa pulang…

Asus Eeepc Trendy 1015PW Seashell Ungu

…this cute lady!! Making waves into my life! Yaaayyy… Welcome home, Miss Purplish, along with DVD-Writer Slim External Samsung! Semoga awet yaaa…

2 responses to “Day31: Pain in the NEC(k)

  1. Waaa…. unyuuu… ^^
    sejenis tu sama punya ceLLa, dia yg goLd… Hehe…
    Lucu juga kok itu, body Luarnya berterkstur gitu… naksir… hehe

    • chocochicka

      oh iya?waaa…iya ini yang luarnya bertekstur ala Seashell gitu…love at first sight…hihihi…ayoo mamaed beli jugaa…ntar samaan qta…kmu beli yang pink..jadi ber3 warnanya beda2…wkwkwkwk

Menurutmu gimana?

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

