Day18: Medium Rare Tapai Cake

Awalnya, gw pengen hari ini gw isi dengan masak-memasak. Bikin kue lebih tepatnya. Karena kemaren gw beli peuyeum kebanyakan, jadi pengen gw olah jadi kue.

Udah beli oven & timbangan baru (yang dulu suka dipake ama mama udah rusak), beli tepung juga. Trus gw nyiap2in lah bahan2nya dengan segenap hati.

  • 250 gram peuyeum, buang seratnya, haluskan.
  • 200 gram tepung terigu + 25 gram maizena. Ayak hingga halus.
  • 250 gram margarin
  • 125 gram tepung gula (mama ajarin untuk bikin tepung gula sendiri dengan ngegiling gula pasir yg ada)
  • 25 gram vanili & garam secukupnya
  • 6 kuning telur
  • 4 putih telur + 125 gram gula pasir » kocok hingga kaku
  • 50 gram (lupa) susu bubuk

Dan ada beberapa bahan lain yang gw lupa apa aja. Ntar dicari deh resepnya. :p

Setelah nyiap2in, langsunglah gw mengolah semuanya. Dimulai dr margarin+susu+garam+vanili+tepung gula dikocok hingga halus. Trus masukin tepung terigu sedikit2. Disitu udah mulai berat ngocoknya. Trus masukin lagi kuning telurnya satu per satu. Terakhir, masukin peuyeum yg udh dihancurkan, aduk hingga rata. Sisihkan. Setelah itu,kocok putih telur hingga putih, lalu tambahkan gula pasir hingga kaku. Trus, masukkin ke dalam adonan peuyeum yang tadi disisihkan. Jadi deh! Tinggal dioven selama 40menit dan its ready to be served!


Sayangnya, eksperimen gw bikin Cake Tapai tidak sukses pada percobaan pertama. Setelah 40menit, kue gw keluarin dr oven,lalu mw gw potong. Eeeehhh ternyata bagian tengahnya masih basah!

Akhirnya gw oven lagi selama 15menit.


15 menit kemudian..

Gw keluarin lagi kuenya & gw potong. Ya ampuuunnn masih basah juga! Padahal pinggir2nya udh kering kecoklatan! Gggrrrr… Karena nekad, akhirnya gw coba balik kue itu dengan harapan kuenya masih bisa disantap seadanya. Dan ternyata…kue gw sukses hancur bagian tengahnya! (¯――¯٥)

Untung pinggirannya masih bisa diselamatkan! Akhirnya yang utuh kuenya gw pisahin dan yang bagian tengah (yang semi basah semi kering) gw masukin oven lagi.

Pas diicip, huummmm enak! Berasa peuyeumnya! Tapi lain kali, gw akan kurangi tepung gula/gula pasirnya. Terlalu manis euuyyy.. Jadi eneg..

Penampakan kue ini emang sengaja ga gw foto, berhubung penampilannya sangat tidak menggairahkan air liur. Lain kali kalo udah sukses bikin kue Tape ini, pasti bakal gw posting! Heheheheh…

Menurutmu gimana?

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

