Day2: Imigration

08:00 » Yes! Tepat waktu! Jam 08.00! Antrian di loket khusus layanan online hanya 1 orang! Mudah2an mbak itu ga lama deh prosesnya.

08:15 » My turn. Saatnya nyerahin kelengkapan dokumen gw: paspor lama, lembar tanda terima pra permohonan, fotokopi KTP, akta kelahiran, Kartu Keluarga, surat keterangan bekerja. Ternyata ada lembar dari paspor lama yang harus difotokopi, yaitu lembar pertama yg ada foto & identitas diri, lembar kedua yg berisi keterangan kantor imigrasi yg mengeluarkan paspor, dan lembar kedua dari belakang yang gw lupa isinya apa. :p

08:30 » gw diminta mengecek, melengkapi & menandatangani formulir permohonan pengajuan paspor (atau apa gitu judulnya..). Abis itu gw disuruh nunggu dipanggil di loket 5 (Loket Penyerahan Tanda Terima Berkas Permohonan Paspor Untuk Pembayaran Paspor) untuk ngambil tanda terima untuk pembayaran paspor.

09:05 » “13B..ruang wawancara.. 37A..ruang foto..” Mana niihh koq gw blom dipanggil2 utk bayar??

09:08 » “Maria Francisca..” Yeesss!!

09:09 » Ambil nomor antrian utk ke loket bayar, ga nyampe 2menit, udh dpanggil. Abis bayar, lsg dikasih nomor antrian untuk foto & wawancara (26A). Lucunya, nomor antrian untuk foto udh kelewat. Jadinya gw nyelonong aja masuk ke dalam. Heheheh..trus langsung dilayani krn disangkanya gw kelewat antriannya. Padahal gw baru aja dikasih nomor antriannya, sdgkan antrian udah nomor 50an. Abis foto, trus langsung ambil sidik jari pake aplikasi biometrik gitu.

09:20 » Setelah dicap “Sudah Difoto” pada tanda terima permohonan, gw nunggu lagi untuk antrian wawancara. Jadi ada 2 jenis antrian untuk foto & wawancara, yaitu A & B. Entah apa bedanya. Nah, yang agak aneh nih antrian wawancara yg A masih di nomor 12 dan tampak spt ga dpanggil2. Pdhal yg antrian B itu jalan terus. Aneehh..

10:02 » ada lagi keanehan. Udah ada 2 jalur wawancara&foto yg dpanggil berdasarkan nomor, tapi koq msh ada yg dipanggil lwt speaker dgn nama orangnya sendiri??? What the maxud?? Ckckckck…praktek percaloan ini masih jelaaassss banget terlihat… Gila juga deh..

10:29 » “25A”… Hiji deuiii..

10:39 » Horeeeee!! Akhirnya beres juga! Wawancara bikin paspor ternyata ga semenegangkan wawancara kerja ya? :p cuma nanya2 tgl lahir, mau kemana, no hape, kerja dimana, sebagai apa, disini tinggal dimana, dan yg mengagetkan gw,dy nanya, “Di Pontianak tinggal dimane?”. Heh?? Trus gw bilang aja di Jalan Penjara. Trus gw tanya bapak tau Pontianak? E-eehh dia jwb gini, “eehh tau laahh..saye kan orang Jeruju..”. Jiaaaahhhh…hihihihi… Sambil basa-basi bhs Pontianak,dy sambil mintain dokumen asli KK,KTP,Akte Kelahiran. Ga dicek bener2 juga sih.. Spertinya formalitas ajah.. Abis itu gw disuruh tandatangan di dalam paspor tersebut. Trus beres deeehh!!!

Eh,tapi gw pikir paspornya bisa langsung diambil saat ini juga.. Ternyata tgl 16 Mar 2011 nanti ngambilnya.. Jam3 sore..


Fiuuuhhhhh….leganyaaa bisa memproses pembuatan paspor dengan jujur dan lancar. Ga perlu pake calo en bayar 2x lebih mahal. Lebih cepet juga. Ga nyampe 3jam, udah kelar bayar,foto,wawancara. Tinggal ngambil aja minggu depan.

Ternyata,birokrasi imigrasi tidak sebusuk yang dibayangkan. Memang sih, praktek percaloan masih terlihat. Sayang aja ama ‘korban2’nya. Kalo mereka mau meluangkan waktu dikit aja:

  1. belajar ngisi aplikasi paspor secara online,
  2. upload dokumen2 pendukung,
  3. nyetak tanda terima prapermohonan,
  4. trus datang ke KanIm yang dipilih;
  5. serahkan berkas yang lengkap + tanda terima pra-permohonan
  6. antri bayar
  7. antri foto, ambil sidik jari dan wawancara
  8. SELESAI!

gw yakin ga akan lebih dari 1minggu koq prosesnya. Dan memang mereka memenuhi kata2 mereka bahwa “Paspor selesai paling lama 4 (empat) hari kerja setelah wawancara.”

Sooo…kalo ada yang mau ngurus paspor, yuk kita jalankan sesuai prosedur & lengkapi dokumen yang dibutuhkan!

Posted with WordPress for BlackBerry.

Menurutmu gimana?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

%d bloggers like this: