U-Turn

Akhiirrrnyaaaa….

Setelah sekian lama offline, skarang bisa menyempatkan diri apdet blog-ku yang udah ditelantarkan selama 5bulan lebih… Maklum, setelah liburan akhir tahun kemaren (beserta tragedi kecelakaan motor di hari Natal), keseharianku dipenuhi dengan kejar deadline project, dokumentasi sistem, gathering kantor, interview kerja, ampe dilema diantara 2 pilihan…😀 Tapi untungnya masih sempet diselingi liburan ke Solo dan Jogja selama 4 hari bareng sangkeu… *wink-wink*

Nah, thank God, dari hasil seleksi selama beberapa bulan, akhirnya gw diterima di salah satu bank swasta (yang katanya capek ngantrinya) untuk mengikuti program development-nya… Dan disitulah gw banting setir, dari pekerjaan gw sebagai seorang programmer/database admin/technical support/documentation yang sehari2nya berkutat di depan laptop/komputer/server, menjadiiiiiiiiiiiii seorang pekerja/pelajar di dunia Perbankan yang kerjanya ketemu banyak orang *which is terrifying for me*….

Keseluruhan program di tempat kerja baru dimulai tepat 2 hari sebelum ulang tahun gw… Sebenernya sih sebelum gw liburan ke Solo-Jogja itu, sempet juga ngurusin administrasi untuk masalah payroll dan kartu identifikasi… Tapi cuma 1 hari, trus baru ngumpul lengkap 1 angkatan pas 22 Maret itu… Dan itu merupakan hari pertama kerja gw yang tak terlupakan!! Kenapa ?? Karena gw telad 1 jam masuk ke kelas !! Koq bisa ?? Karena travel yang seharusnya gw naikin ke arah Grogol jam 05.45, ternyata udah berangkat sejak jam 05.30 dan pihak travel salah info ke gw!! Gimana gw ga panik?? Akhirnya gw ikut yang jurusan Binus jam 6 pagi… Udah pasti telad donk yah… Secara itu hari Senin, dimana jalanan menuju Jakarta dijamin MATOT !! Ya sudahlah, gw baru masuk kelas jam 10.30, padahal harusnya ngumpul jam 09.30…

Kesan pertama masuk kelas… Gw salah masuk ya? Koq isinya eksmud semua ?? Rapih banget cowo2nya pake dasi, cewe2nya pake blazer, rok, high-heels, dandan banget lah…. HELLLOOOO ???? Ternyata ga salah koq… Memang begitulah standar penampilan seorang yang kerja di Bank… Untungnya gw ga cuma pake kemeja+celana kain seperti di tempat kerja sebelumnya… At least gw juga pake blazer, meskipun warna krem bukan item, tapi sepatu gw FLAT-se-FLAT-FLAT-nya bow! iihhh…ga banged deh first impression gw…. Udah telat, kucel bin kumel, kontet pulak pake flat… HADUUHHHH….Tapi untungnya gw udah ada kenalan temen seperjuangan di blog tetangga, jadi gw ga terkucil banget… Setidaknya ada temen ngobrol lah pas jam break…

Dari situlah perjalanan gw mengikuti program pendidikan dimulai… Totally challenging, exciting, so much fun, stressful, adventurous, unforgettable and inspiring banget!!! Kegiatan outdoor-nya which called Jungle Survival adalah awal dari kedekatan kami semua sebagai BDPers…. Coba deh, berapa banyak diantara kita yang pernah mengalami hidup tanpa teknologi selama 5 hari penuh, tinggal di hutan, masak pake api dari parafin, tidur diatas tanah dalam tenda, makan cuma mie instan, MCK dari aliran sungai di hutan tsb, sampai naik-turun bukit di siang dan malam hari SENDIRIAN ??

Setelah kegiatan Jungle Survival, langsung masuk ke ‘perkuliahan’ penuh selama 1 bulan… Bener2 ‘penuh’ ama belajar, ujian, belajar, ujian, belajar, ujian…. Ampe mabok-semabok-maboknya deh… Bagi gw, masa belajar ini gw seperti balik ke masa SMP, dimana gw bener2 belajar hal baru yang gw ga paham sama sekali… Dimulai dari Pengetahuan Produk Pasiva, Pengetahuan Produk Jasa, Hukum Operasional Bank,  Pengetahuan Ekonomi Dasar, dll dll dll… Pas awal2 belajar dan ujian, bener2 masa transisi, dimana gw ga tau bagaimana gw mesti mempelajari ini semua… Apakah yang penting gw paham tapi ga usah menghapal ? Apakah gw mesti menghapal yang penting2 aja ? Apakah gw mesti menghapal mati semuanya ? Atau gimana ? Makanya ga heran nilai ujian gw sempet 2x di bawah 60 dan itu bener2 menjatuhkan harga diri gw !! Gimana ngga ?? Gw ga pernah merasakan menjadi orang yang nilainya paling rendah di kelas ! Maap ya, bukannya jadi sombong, tapi memang begitu kenyataannya… Dan itu membuat ego gw terjun bebas dari lantai 21 sampai ke basement 3… Thankfully gw punya temen2 yang sangat baik dan suportif yang selalu saling menyemangati, jadi ‘kebakaran’ di raport gw akhirnya cuma terjadi 2x…

Untung pas akhir bulan langsung dapet ‘reward’ gaji pertama… Yippeeeee… Lengkap ama bonus pulak… Xixixixixi… Setelah itu, mulai deh kegiatan di luar kelas… Kunjungan ke kanwil, KCU, bir02 dan divisi2, sampai akhirnya minggu kemaren mengikuti Sales+ Camp di SLDC Sentul… Disitu lagi2 gw menerjunbebaskan rasa malu gw berbicara dengan orang asing… Pas hari ke-3 Sales Camp, kami semua disuruh menjual @ 10 lighter bergambarkan logo team sepakbola dunia… MU, Liverpool, Real Madrid, Milan, dll dll, di sekitaran halte Baranangsiang Bogor… Waahhhh gw ngerasain deh gimana orang2 yang menjajakan jualannya di pinggir jalan… Udah panas, ketemu orang2nya beragam, rasa malu pun udah ga dipikirkan lagi… Meskipun gw cuma berhasil ngejual 1 lighter *which is lagi2 paling dikit senangkatan*, tapi pada akhirnya gw bangga berhasil melakukannya TANPA harus memanipulasi alasan kami jualan tersebut….YAAaaayyy….

Kegiatan di Sales+ Camp tersebut juga full power dan inspiring banget, karena di-coach-ing oleh orang2 yang kompeten di bidang tersebut, oleh SYNERGY… Coach-nya bener2 menghidupkan suasana, memotivasi sekali dengan materi2 yang diajarkan… Diajarkan bagaimana sih sikap seorang BDP, bagaimana cara melayani dengan tata nilai yang berlaku, cara berkomunikasi dengan efektif dan asertif, cara melakukan cross-selling dengan FAB, sampai Role-Play sebagai seorang DO (=Duty Officer) yang menghadapi nasabah dengan berbagai macam kepribadian (Sanguinis, Koleris, Melankolis, Phlegmatis)… Waaahhhh….bener2 banyak banget pengetahuan dan pengalaman yang gw dapet disini… Gw bisa berinteraksi dengan teman2 yang biasanya jarang gw ngobrol, belajar berani mengungkapkan pendapat, belajar berani berbicara di muka umum, pokoknya I had my glass of life filled!

Seusai Sales+ Camp, kami langsung mendapatkan daftar KCU dimana kami akan magang sebagai Duty Officer, mulai Jumat besok 14 Mei 2010, selama 5 hari sampai 20 Mei, bersama 1 orang teman… Waahhhh….langsung pada heboh deh… Gw+1 orang teman dapat lokasi di KCU Sunter Mall… Dimana pulak tuh?? Untung sepulangnya dari Sales+ Camp, kami langsung dapet materi tentang forum DO dan benchmarking 2 bank kompetitor dimana lokasi bank tersebut sebaiknya dekat dengan lokasi kami akan magang nanti… Jadi 2 hari lalu, kami seharian berada di luar kelas, beredar dari 1 cabang ke cabang lain, mencoba mengintai mengamati bagaimana pelayanan bank lain terhadap nasabahnya… Touring yang melelahkan memang, tapi kita jadi bisa melihat kelebihan dan kekurangan kompetitor, yang akan digunakan untuk perbaikan kami ke depannya… Selain itu, jadi bisa survey lokasi juga, kayak apa sih lokasi kami akan magang nantinya… Untungnya aq+temanku sempat berkunjung ke KCU tempat kami magang besok… Untungnya (lagi) kami ketemu dengan angkatan atas yang sedang OJT disitu… Kami dijelaskan bagaimana biasanya kondisi disitu, siapa aja pejabat berwenang disana, kepribadian nasabahnya seperti apa, bahkan sampai diberi materi ketentuan SOP baru yang berlaku saat ini…. Wah, makasih banyak banget deh buat mereka berdua!! Jadi besok kami setidaknya bisa 10% lebih siap untuk menghadapi nasabah yang berkunjung….

Oia, satu lagi yang gw suka dari program ini…. Ada program GROOMING booww… Awalnya kupikir hanya bakal belajar soal make up dan bagaimana cara berdandan… Tapi di awal2 justru yang diajarin adalah tentang ETIKET!! Dan salah satu hal baru yang gw tau tentang etiket adalah….ketika usai bersalaman dengan orang lain, khusus untuk wanita, JANGAN letakkan tangan kita ke dada!! Kenapa ?? Karena pandangan orang akan mengarah kesitu!! Wkwkwkwkwk…. Simpel memang…tapi logis! Kemudian juga diajari cara berdiri, duduk, bersalaman, berbicara, dll… Pengetahuan yang berharga banget untuk kehidupan sehari2! Selain itu, kami para wanita juga diajari bagaimana cara menggunakan scarf dengan berbagai model… Jadi dapet ide deh bagaimana cara mempercantik penampilan…Hohohoho…. Yang cowo2nya juga diajarin cara mengikat dasi yang benar… Trus entah apalagi yang mereka terima, gw ga denger, karena pada saat itu, kami para wanita sedang diajari cara dandan!! Wiihiiiiyyy….assiiikkk…. Gw jadi lumayan bisa make eyeliner sekarang… Jadi nambah lagi deh bekal buat DO besok…..

Well….that’s all ‘ringkasan’ selama 5 bulan ini… Besok gw bakal mulai magang sebagai Duty Officer, which is another new experience buat gw…. Mudah2an aja semua berjalan dengan lancar dan baik, dan tak lupa, bisa jadi bahan pembelajaran buat kami semua…. A-PLUS!!!!

2 responses to “U-Turn

  1. bruangku

    nahh gituu dwoonkk diapdet blognya kaciaan ditinggal terus..
    wuihh gayaa.. idup seminggu tanpa teknologi. ckckckck.. takjub gw

    hahaha gw kmrn jg ngalami nilai paling rendah sekelas. bener2 membetekan…

  2. dicuy

    ijin nyimak gan.. huhaha

Menurutmu gimana?

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

