[11th] Test & Interview @ Kalbe Farma

Resepsionis Kalbe Farma

Kartu Visitor yang Luntur

Setelah 2x gw minta reschedule untuk tes disini, akhirnya gw ngikutin juga proses seleksinya. Gw apply untuk posisi IT disini, apapun asalah bukan networking & programming. Heheheh… Lumayan pendek sih prosesnya, hanya ada 5 step:

  1. Psikotes –> kemampuan umum & kepribadian
  2. Interview HRD
  3. Interview User
  4. Medical Checkup
  5. Finalisasi

Dan pada hari pertama ini aja gw udah ampe tahap interview HRD. Mungkin karena pelamarnya sedikit (dari 12 orang di tahap awal, lalu susut setelah tes kemampuan umum jadi 6 orang saja) ya, jadi bisa langsung dikeber 1 hari. Psikotes-nya pun terbilang mudah *ya,setelah mengalami ~10x psikotes mah lama2 hapal juga :p*: visuaslisasi balok dempet, kalimat logika, deret ukur/hitung, matematika (a > b > c maka a > c | B S ?) dan ‘favorit’ gw: KRAEPLIN. Hihihihii….

Kalo tes kepribadiannya, ada 1 yang baru gw temuin disini: DISC Personality Test. Di bawah ini contoh dalam bahasa Inggris-nya. Intinya sih kurang lebih gini: dalam selembar kertas carbonize, akan ada beberapa belas box danĀ masing2 box terdapat 4 pernyataan. Kita harus memilih masing-masing 1 pernyataan yang paling sesuai dengan diri kita dan 1 pernyataan yang kurang sesuai.

DISC Personality Test

 

Setelah DISC, seperti biasaaa…. WARTEGG & menggambar pohon & manusia. Lama2 gw udah ga pake mikir deh nggambarnya. Apa yang ada dalam pikiran langsung aja dituangin dalam kertas. Hehehehe… Makanya jam 11 siang aja gw udah beres semuanya en langsung ngacir ke ruangan kerja kakak gw di gedung sebelah. Hihihihi…

Pas jam 1 siang gw balik lagi ke lobby, menunggu kabar siapa aja yang lolos ke interview HRD. Ternyata sepertinya semua lulus dan bergiliran dipanggil interview ke ruangan bapak King. Gw dapet giliran 2-3 terakhir, pake acara salah masuk ruangan pulak. Halaahhh… Bapak King ini mukanya ramaaahh banget… Padahal gw udah membayangkan beliau ini tampangnya galak, berkumis, jutek. Hahahahaha…. Naon seehh?

Pertanyaan2nya sih seputar kepribadian yaa… Kekurangan, kelebihan, gampang stress ga, gimana kalo bekerja di bawah tekanan, apa kualitas diri yang masih perlu ditingkatkan lagi, dll. Lumayan asyik sih ngobrolnya & terlihat sekali dia pay attention pada apa yang gw bicarain, ga sibuk ndiri atau cuek gitu. Trus dia juga nanya minatnya di IT bagian apa. Gw bilang aja apapun asal bukan programming & networking, lebih interest ke database & web. Eeehh…ternyata dia nawarin/nyaranin/ngasih tau tentang posisi Database Administrator & Business Intelligence. Gw bilang aja kalo itu sih gw tertarik banget. Asyiiikkk….

Pada akhirnya sih ya dia bilang akan coba ajuin ke user-nya. Jika usernya tertarik & mau bertemu utk interview, gw akan dihubungi via telpon. Tapi kalau ngga, maka dalam 1-2 minggu akan dikabari via email.

Siiipppp deehh…. Setidaknya gw mengajukan diri untuk bekerja di bagian yang gw cukup kuasai & minati. :)

PS: Di meja tempat gw ngerjain psikotes tadi, gw nemu kalender ini –>

Ternyata Kalbe ada OBI juga!

Ihihihihi…ga jauh2 deh gw dari masa lalu.. :p

12 responses to “[11th] Test & Interview @ Kalbe Farma

  1. -

    mas gmana akhirnya ketemu usernya. klo menunggu interview user lebih dari 1 minggu tidak ada kabar gmana. soalnya posisi aq skr jg lg tunggu inetrview user, tp dah 1 minggu blm ada kbr.

    makasih.

    • chocochicka

      uhm, first of all, foto diatas ngga keliatan kalo aq cewek ya? masa dipanggil ‘mas’? =)
      wkt itu aq ngga lanjutin ketemu user karena ga dipanggil juga & aq nerusin proses seleksi di tempat lain..
      mungkin kalo belum ada kabar dari mereka, kmu bisa inisiatif tanya ke nomor yang biasa mengontak utk interview..
      hope it helps…

  2. rullyta

    interview HRD full inggris ato indonesia ya mba??
    kebetulan saya bsk test tahap I siihh..jam 07.30 pulaa :s, kira2 apa aja y yg perlu disiapin buat bekal diri :D??

  3. Fendy

    Biasanya kasih kabar via email kl tidak lanjut ke tahap brikutnya…

  4. dear mba chika,
    mohon infonya, psikotesnya apa aj ya selain tes kreaplin, misalnya test epps, ist, cfit (lebih spesifik tesnya) dll, masih inget ga? soalnya saya dapat pangilan interview.. heheh buat persiapan gitu :D

    kerja di kalbe salary berpa khususnya IT, klo boleh minta pin BBnya donk klo ga YM,heheh ga dikasih juga gpp.. tapi jawab ya pertanyaan saya

    terima kasih

    • chocochicka

      wah, maaf ya, aq bukan anak psikologi, jadi ga tau tes utk psikotes ada apa aja :-P
      paling yang aq share disini itu tes yang aq alamin sendiri saat psikotes di perusahaan2.. coba dicari di blog ini keywordnya ‘psikotes’..
      kalo utk salary, aq ga tau krn aq ga sampe ke tahap ngomongin gaji :-D

  5. Salv

    kemarin2 aku di panggil buat psikotest.terus langsung lanjut ke tahap interview HRD..terus orang HRDnya bawa orang IT..terus kami berbincang2 tentang seputar pekerjaannya..

    apakah itu termaksud interview user yah??apa cuma baru HRD saja??

    tapi sesudah itu aku di suruh tunggu kemudian di berikan amplop untuk medical checkup..besoknya aku test kesehatan..kemudian aku lupa langkah selanjutnya apa..sesudah test lalu pulang…
    sudah mau 1 minggu tidak ada kabar..apa mungkin barengan di akhir bulan atau aku harus bertanya pd pihak yang menginterview atau ga sampe ke tahap final??

  6. aku malah baru mau dipanggil rabu depan untuk interview
    kayaknya sih psikotest
    yang udah berapa x gagal psikotest emang udah hapal psikotest sih
    hahahhaha

    kalbe ini masa depan nya cerah gak sih ? status nya tetap kah atau kontrak ?
    aku dipanggil untuk IT Security

    mau nanyak lagi dech , ada yang tahu rate salary nya kah ?

Menurutmu gimana?

Bulan lalu ?

What’s it all about?

@recruitmentGA

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 249 other followers

